Best Blogger Tips
Latest Post
Loading...
Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Thursday, January 3, 2013

Anime Pokemon



Kesuksesan Pokemon di awal-awal rilisnya membuat game ini kemudian diangkat menjadi serial animasi anak-anak yang kemudian dikenal dengan sebutan Anime Pokemon. Mengulang sukses versi gamenya, versi animenya juga mendapatkan kesuksesan hingga sekarang walaupun beberapa episode di dalamnya mengundang kontroversi. Salah satu kontroversi yang terkenal adalah episode yang menampilkan Porygon dimana sinar-sinar berwarna biru merah membuat ratusan anak di Jepang kejang-kejang.
Anime Pokemon pertama kali ditayangkan di tahun 1997 di saluran TV Tokyo hingga sekarang telah ditayangkan di 74 negara yang berbeda yang masing-masing telah didubbing dengan bahasa setempat. Anime ini masih terus ditayangkan hingga saat ini sehingga menjadikan anime Pokemon sebagai anime adaptasi game paling panjang yang pernah ada. Di Indonesia sendiri anime Pokemon pertama kali ditayangkan di SCTV pada tahun 2001 dan mendapat sambutan hangat kala itu. Meski begitu pada tahun 2002 SCTV berhenti menayangkannya setelah Pokemon menjadi tidak populer. Indosiar lalu mengambil alih penayangannya sejak 2004 hingga sekarang sampai di seri Diamond & Pearl dengan beberapa bagian pada dubbing dan penamaan yang berkiblat pada nama-nama Jepang. Selain ditayangkan di televisi, saat ini beberapa episode dari anime Pokemon juga bisa disaksikan di situs resmi Pokemon.com.
Hingga saat ini anime Pokemon terdiri dari 685 episode utama, 14 Movie, dan beberapa episode sampingan yang kesemuanya itu memfokuskan pada Pokemon. Fokus cerita animenya sendiri berkisah tentang perjalanan Ash Ketchum, seorang trainer Pokemon dari kota Pallet yang berambisi menjadi Pokemon Master. Bersama dengan Pikachu da kawan-kawan lainnya, Ash melakukan petualangan menjelajahi dunia demi mencapai ambisinya tersebut. Walaupun pada awalnya anime ini didasarkan pada gamenya, namun ada banyak elemen yang berbeda dari gamenya dan mengalami penambahan disana-sini.


Sinopsis singkat
SPOILER ALERT!!!

Dari episode paling pertama, Ash dikisahkan menjadi karakter utama yang bercita-cita menjadi Pokemon Master. Sebenarnya tujuan awalnya menjadi trainer Pokemon adalah untuk mengalahkan saingan beratnya sesama warga kota Pallet yaitu Gary Oak, cucu dari Professor Oak, namun kemudian sepanjang perjalanan dia menyadari bagaimana untuk menjadi Pokemon Master itu. Tidak seperti dalam gamenya, Ash tidak menggunakan satu dari tiga starter yang disediakan pada awal perjalanannya, melainkan dia mendapatkan Pikachu liar. Hal ini dikarenakan dia bangun kesiangan dan terlambat datang ke laboratorium Profesor Oak, Profesor Pokemon yang memberikan Pokemon starter pada trainer pemula. Meski pada awalnya Pikachu tidak mau menurut, namun akhirnya Pikachu berteman dengan Ash setelah Ash mati-matian menyelamatkan Pikachu dari serangan Spearow yang marah.

Sejak saat itu Ash melakukan perjalanan melintasi lima region yang muncul dalam serial utama game Pokemon, serta melintasi kepulauan Orange, sebuah region tambahan sebelum akhirnya dia mencapai Johto saat Pokemon Gold dan Silver dirilis. Pada masing-masing region tersebut, Ash bertarung melawan para Gym Leader untuk mendapatkan lencana sebagaimana yang dilakukan trainer dalam serial gamenya, demi bisa mengikuti Liga Pokemon, sebuah turnamen pertarungan Pokemon yang tidak sama dengan lima pertarungan berturut Elite Four dan Champion dalam serial gamenya. Liga Pokemon ini lebih tampak seperti pertemuan para trainer dengan sistem gugur.

Selama perjalanannya itu Ash menggunakan party yang berbeda tiap regionnya. Sejak di Hoenn, Ash memutuskan menggunakan Pokemon-Pokemon yang berasal dari region yang dikunjunginya dengan pengecualian pada Pikachu yang menemaninya sejak awal perjalanan. Dia ingin membuktikan bahwa Pokemon muda yang belum berevolusi yang ditemuinya di region-region baru bisa memenangkan pertarungan bila dilatih dengan tepat.
Sepanjang seri, Ash memiliki beberapa teman yang melakukan perjalanannya dengannya, dimana pada setiap region rekan perjalanannya berganti. Misty dan Brock, keduanya gym leader dari Kanto menemani perjalanan Ash sepanjang Original Series di Kanto dan Johto. Brock kemudian selalu menemani Ash hingga perjalanannya di Sinnoh setelah sempat tergantikan oleh Tracey di kepulauan Orange. Di Hoenn, May dan adiknya Max, koordinator Pokemon muda menemani Ash sepanjang seri Advance Generation. Pada seri Diamond & Pearl Ash ditemani oleh Dawn, dimana Ash mengajarkan pada Dawn bagaimana menjadi trainer Pokemon yang baik, sebagaimana yang dulunya diajarkan oleh Misty dan Brock kepadanya. Pada seri terakhirnya saat ini yaitu Black & White, Ash ditemani oleh Iris dan Cilan, keduanya gym leader dari Unova.

Original Series

Season:
• Indigo League.
• Adventures in Orange Islands
• The Johto Journeys
• Johto League Champions
• Master Quest

Tayang sejak:
~1 April 1997 s.d 14 November 2002 di Jepang
~7 September 1998 s.d 25 Oktober 2003 di Amerika Serikat

Ash Ketchum, anak sepuluh tahun dari kota Pallet melakukan perjalanan untuk menjadi Pokemon Master bersama Pikachu yang diberikan oleh Profesor Oak. Dalam perjalanannya Ash bersaing dengan Gary, cucu Profesor Oak yang juga berambisi menjadi Pokemon Master.
Sepanjang perjalanan Ash bertemu dengan banyak kawan, dua di antaranya yaitu Brock, Gym Leader kota Pewter spesialis tipe batu dan Misty, Gym Leader kota Cerulean spesialis tipe Air kemudian bergabung dan menemani perjalanan Ash menuju liga Pokemon. Selain itu ada dua anggota Tim Rocket yaitu Jessie dan James bersama seekor Meowth yang bisa berbicara selalu mengganggu perjalanannya dimana keduanya berupaya untuk mendapatkan Pikachu milik Ash.
Setelah mendapatkan delapan lencana dari kemenangannya atas delapan gym leader Kanto, Ash kemudian ikut serta dalam liga Indigo, dimana Ash berhasil masuk ke 16 besar. Sayang di dia kemudian dikalahkan oleh Ritchie di babak kelima setelah Charizard miliknya menolak bertarung hingga Pikachu milik Ritchie dengan mudah mengalahkannya.
Setelah liga Indigo, Ash dan kawan-kawanny melakukan perjalanan ke Orange Islands untuk mendapatkan GS Ball dari Profesor Ivy. Kali ini Brock tidak ikut serta dalam perjalanan karena membantu Profesor Ivy dan digantikan oleh Tracey Sketchit, seorang ilustrator Pokemon. Selama perjalanan itu Ash juga bertarung dengan para gym leader dari Orange Islands dan berhasil memenangkannya.
Setelah perjalanan di Orange Islands selesai, Ash memutuskan untuk mengikuti liga Silver di Johto dan untuk itu dia dan kawan-kawannya kembali melakukan perjalanan kali ini menyusuri region Johto. Brock kembali bergabung sementara Tracey bergabung dengan Profesor Oak untuk mempelajari Pokemon. Ash pun mengikuti turnamen dan berhasil mengalahkan Gary dalam pertarungan enam lawan enam, sayangnya dia kemudian dikalahkan oleh Harrison yang menggunakan Blaziken. Setelah kekalahan itu Gary memutuskan untuk menjadi peneliti Pokemon seperti kakeknya sedangkan Ash melanjutkan perjalanan bersama Pikachu ke region Hoenn. Untuk pertama kalinya Ash berpisah dengan Misty.


Advanced Generation.

Season:
• Advanced
• Advanced Challenge
• Battle Frontier

Tayang sejak:
~21 November 2002 s.d 14 September 2006 di Jepang.
~15 Maret 2003 s.d 3 Maret 2007 di Amerika Serikat

Petualangan Hoenn dimulai saat Pikachu milik Ash terluka parah dan kelebihan muatan listrik setelah diserang oleh Tim Rocket. Ash lalu bertemu dengan May, seorang trainer dan mereka lalu melakukan perjalanan bersama. Dalam perjalanan itu Ash bertemu kembali dengan Brock serta bertemu pula dengan Max, adik May yang kemudian bergabung bersama Ash melakukan perjalanan. Di Hoenn Ash juga terlibat dalam konflik dengan dua tim penjahat yaitu Tim Magma dan Tim Aqua yang berencana membangkitkan Pokemon legenda Groudon dan Kyogre.
Berhasil mengumpulkan delapan lencana gym Hoenn, Ash mengikuti liga Pokemon Ever Grande dimana dia dikalahkah oleh Tyson di babak perempat final. Tyson sendiri kemudian menjadi juara liga. Setelah kekalahan itu Ash yang bertemu Scott lalu kembali melakukan perjalanan untuk menantang para trainer di Battle Frontier.
Dalam seri ini selain dikisahkan perjalanan Ash mengikuti liga, juga dikisahkan perjalanan May mengikuti kontes Pokemon, yang pertama kali diperkenalkan dalam serial animenya.


Diamond & Pearl

Season:
• Diamond & Pearl
• Battle Dimension
• Galactic Battles
• Sinnoh League Victors

Tayang sejak:
~28 September 2006 s.d 9 Desember 2010 di Jepang
~20 April 2007 s.d 5 February 2011 di Amerika Serikat

Ash kini berada di Sinnoh dalam lanjutan perjalanan menjadi Pokemon Master. Dia kembali bertemu Brock yang untuk kesekian kalinya ditolak cintanya. Kali ini Brock berniat untuk menjadi peternak Pokemon. Selain Brock, perjalanan Ash ditemani oleh Dawn yang kemudian menjadi tokoh utama seri ini. Dawn adalah trainer pemula yang ingin menjadi koordinator Pokemon yang hebat seperti ibunya.
Di Sinnoh Ash bertemu rival barunya Paul, yang melatih Pokemon dengan cara kasar. Pada seri ini pula muncul Tim Galactic, tim penjahat yang berencana menangkap tiga Pokemon legenda penjaga danau untuk memunculkan Dialga dan Palkia, Pokemon naga dimensi.
Setelah melalui perjalanan panjang mengumpulkan delapan lencana, akhirnya Ash bertanding dalam liga Pokemon konferensi bukit Lily di Sinnoh. Ash berhasil mengalahkan Paul di perempat final, namun sayangnya dia dikalahkan Tobias di semifinal dan kembali gagal menjadi juara liga Pokemon.


Best Wishes
Season:
• Black & White

Tayang sejak:
~23 September 2010 s.d sekarang
~12 February 2011 s.d sekarang

Seri ini merupakan seri terbaru seiring dirilisnya game generasi lima, Black & White. Ash dan keluarganya pindah ke Unova, sebuah region nun jauh dari Kanto. Di region baru ini Ash memulai perjalanan kembali sebagai seorang trainer untuk bisa menjadi Pokemon Master. Dalam perjalanannya Ash bertemu dengan Iris, seorang gadis berkulit gelap dengan Axew miliknya dan Cilan, gym leader spesialis tipe Rumput dimana keduanya kemudian bergabung menemani Ash dalam perjalanan. Sama seperti seri sebelumnya, dalam seri ini Ash kembali bertemu rival barunya, kali ini bernama Trip yang berasal dari kota Nuvema.
Pada seri ini untuk kali pertama Suster Joy dan Officer Jenny tampil dalam rupa yang berbeda, serta untuk kali pertama pula Jessie dan James berganti seragam. Tidak seperti seri sebelumnya, kali ini Jessie dan James tampil lebih serius sebagai wakil Tim Rocket untuk menguasai dunia, berhadapan dengan tim penjahat lain yang misterius, Tim Plasma.
Untuk seri Best Wishes, POIN menyediakan link download video animenya berbahasa Inggris yang di-update secara rutin oleh Theo Justitian, klik disini untuk mengunduh videonya.


Movie

Selain dalam serial animasi TV, anime Pokemon juga hadir dalam animasi layar lebar atau Movie. Hingga sekarang telah ada 14 Movie yang diperkenalkan, yang terbaru adalah Movie dua versi berbeda yang menampilkan Victini, Pokemon kemenangan. Movie Pokemon yang pertama dirilis tahun 1998 di Jepang dan 1999 di amerika Serikat yaitu yang Berjudul Pokemon the First Movie: Mewtwo Strikes Back. Jalan cerita pada movienya lebih menitikberatkan pada Pokemon-Pokemon berjenis legenda yang memiliki kaitan dengan keseimbangan dunia. Di Jepang movie-movie Pokemon sukses dan laris, hal yang sama terjadi di beberapa negara termasuk Amerika Serikat. Sejak movie yang kesembilan, Cartoon Network menayangkan Pokemon Movie sebagai acara eklusif setelah pada lima season sebelumnya ditayangkan di bioskop.
Di Indonesia sendiri movie-movienya pernah ditayangkan di televisi swasta, yang pertama yaitu First Movie ditayangkan di SCTV sementara movie berikutnya sampai Rise of Darkrai ditayangkan oleh Indosiar. Koleksi video movie Pokemon tersedia di POIN, Klik disini untuk mengunduh video Pokemon movie eklusif di POIN.

Daftar Movie Pokemon:

Original Series
• Mewtwo Strikes Back
• The Power of One
• Spell of Unown
• Celebi: Voice of the Forest
• Pokemon Heroes

Advanced Generation
• Jirachi: Wish Maker
Destiny Deoxys
Lucario and Mystery of Mew
• Pokemon Ranger and the Temple of the Sea

Diamond & Pearl
The Rise of Darkrai
• Giratina and the Sky Warrior
Arceus and the Jewel of Life
• Zoroark: Master of Illusions

Best Wishes
• Victini and the Black Hero
• Victini and the White Hero


Anime Pokemon yang lain

Selain anime yang mengisahkan tentang petualangan Ash, Pokemon juga memiliki serial animasi Pokemon sampingan yang tidak berkisah mengenai petualangan Ash, yaitu Pikachu Chronicles dan Legend of Thunder. Pikachu Chronicles mengisahkan petualangan Pikachu bersama teman-teman Pokemonnya sementara Legend of Thunder mengisahkan tentang trainer lain bernama Jimmy dan dua teman seperjalanannya, Marina serta Vincent dalam konflik dengan Atilla dan Hun, dua anggota Tim Rocket yang berniat menangkap Raikou. Selain dua anime tersebut juga ada anime pendek yang diangkat dari game Pokemon Mystery Dungeon serta Pokemon Ranger.


Beberapa Perbedaan antara anime dengan game

Beberapa bagian dari anime Pokemon memang memiliki perbedaan spesifik dari gamenya. Beberapa bagian dari anime yang berbeda tersebut di antaranya yaitu:
• Tidak ada pergantian turn dalam pertarungan.
• Pokemon bisa memiliki lebih dari empat move.
• Egg moves bisa didapatkan secara natural tanpa melalui breeding.
• Liga Pokemon menampilkan sebuah turnamen, tidak sebuah pertarungan melawan Elite Four maupun Champion.
• Ada lebih dari delapan gym di tiap-tiap region, walaupun Ash hanya berhadapan dengan delapan gym sesuai dengan game.
• Pokemon legenda tertentu terlihat ada lebih dari satu.
• Pokemon legenda dapat breeding.
• Pokemon starter bisa ditemukan di alam liar.
• Dalam pertarungan, dua atau beberapa move bisa dikombinasikan untuk menciptakan move baru.
• Karakter berganti pakaian saat berenang.
• Pokemon kontes sangat berbeda dengan game dimana ada ronde pertarungan.
• Move yang sangat akurat dan tidak akan meleset menjadi bisa meleset.
• Beberapa lokasi tidak sama dengan yang tampak dalam game, beberapa region mendapatkan penambahan kota dan lokasi-lokasi baru.
• Bulbasaur bisa mempelajari Whirlwind.
• Move yang seharusnya tak berefek pada tipe elemen tertentu, menjadi berefek.
• Batas penggunaan Pokemon dalam pertarungan gym.
• Adanya juri dalam pertarungan gym.
• Pokemon bisa memilih untuk berevolusi atau tidak.
• Kepribadian Pokemon bisa berubah setelah berevolusi.
• Pokemon yang ditangkap di alam liar bisa saja tidak mematuhi trainernya.
• Cry Pokemon berbeda dengan game, kecuali Pikachu di Yellow Version.
• Evolusi Pokemon bisa terjadi kapan saja, terutama di saat-saat genting, tidak harus level-up setelah bertarung.

Mas Andes

Author :

Setelah anda membaca artikel berjudul Anime Pokemon jika ingin menyalin (copy-paste) artikel ini, sertakan link dibawah ini sebagai sumbernya :

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Selamat Datang
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.